SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Link Download World
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Link Download World
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : XI / Semester 1 dan 2
Kompetensi Inti* :
KI
1 :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 :
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 :
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.\
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1. Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
||||||||
1.2. Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||||
3.1. Mendiskripsikan operasi
aritmatika
3.2. Mendiskripsikan operasi
logika
4.1. Memecahkan permasalahan
perhitungan dengan operasi aritmatika
4.2. Memecahkan permasalahan
logika dengan operasi logika
|
Operasi Aritmatika dan Logika
·
Operasi
aritmatika melalui operator dan fungsi-fungsi aritmatika
·
Operasi
logika
|
Mengamati:
·
Pelbagai
jenis operasi aritmatika
·
Pelbagai
jenis operasi logika
Menanya:
·
Mendiskusikan
cara kerja operasi aritmatika dalam program
·
Mendiskusikan
cara kerja operasi logika dalam program
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pelbagai operasi aritmatika dalam program
·
Eksperimen
pelbagai operasi logika dalam program
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang cara kerja operasi aritmatika
dan logika dalam program.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang cara kerja operasi
logika dan aritmatika dalam program tertentu
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi
aritmatika dan logika
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
·
Hasil kerja mandiri/kelompok
·
Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.3.
Memahami penggunaan array 1 dimensi untuk
penyimpanan data di memori
3.4.
Memahami penggunaan array 2 dimensi untuk
penyimpanan data di memori
3.5.
Memahami penggunaan array multidimensi untuk
penyimpanan data di memori
4.3. Menyajikan kumpulan
data berdimensi 1 dalam bentuk array
4.4. Menyajikan kumpulan
data berdimensi 2 dalam bentuk array
4.5. Menyajikan kumpulan
data berdimensi banyak dalam bentuk array
|
Array
·
Array
1 dimensi
·
Array
multidimensi
|
Mengamati:
·
Penyimpanan
data 1 dimensi pada memori
·
Penyimpanan
data multidimensi pada memori
Menanya:
·
Mendiskusikan pengelompokkan
data berdimensi dari kumpulan informasi
·
Mendiskusikan
penyimpanan data 1 dimensi pada memori
·
Mendiskusikan
penyimpanan data multidimensi pada memori
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pengelompokkan data dalam array
·
Eksperimen
pengolahan data dalam array 1 dimensi
·
Eksperimen
pengolahan data dalam array multidimensi
Mengasosiasi:
Menyimpulkan pelbagai pengamatan dan percobaan yang
dilakukan terkait pengolahan data dalam array
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang array 1 dimensi dan
multidimensi
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pengolahan data
dalam bentuk array
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
12 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.6. Memahami operasi string
3.7. Mendiskripsikan
konversi antar tipe data
4.6. Menalar suatu alur
proses kerja ke dalam bentuk kode program
4.7. Memecahkan masalah
konversi antar tipe data
|
Operasi String dan Konversi Data
·
Operasi
dalam satu kalimat
·
Operasi
pemecahan dan penggabungan string
·
Konversi
data ke tipe lainnya melalui casting atau penggunaan fungsi konversi
|
Mengamati:
·
Pelbagai
jenis operasi string
·
Pelbagai
jenis konversi data ke tipe lainnya
Menanya:
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
operasi string
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
konversi data
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pelbagai jenis
operasi string
·
Eksperimen
pelbagai jenis
konversi data
Mengasosiasi:
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan
pengamatan terkait operasi string dan konversi data
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pelbagai jenis operasi string dan konversi data
pada program
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pelbagai jenis operasi
string dan konversi data dalam program
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.8. Memahami konsep pointer
4.8. Memodifikasi data
melalui pointer
|
Pointer
·
Pointer
ke variabel
·
Pointer
ke array
|
Mengamati:
·
Pembuatan
pointer ke variabel dan penyimpanannya pada memori
·
Pembuatan
pointer ke array
Menanya:
·
Mendiskusikan
teknik pengolahan pointer ke variabel
·
Mendiskusikan teknik pengolahan pointer ke array
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pengolahan pointer ke variabel
·
Eksperimen
pengolahan pointer ke array
Mengasosiasi:
Menyimpulkan kegunaan pointer dalam program untuk
mengendalikan variabel dan manajemen memori
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pointer pada program
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah terkait pointer pada
aplikasi
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.9. Mendiskripsikan
penggunaan fungsi
3.10. Memahami penggunaan
fungsi rekursif
3.11. Menerapkan pointer ke
fungsi
3.12. Menerapkan header file
dalam pemrograman
4.9. Memecahkan masalah
prosedural menggunakan konsep fungsi
4.10. Memecahkan masalah
prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
4.11. Memodifikasi data
melalui pointer ke fungsi
4.12. Memodifikasi program
prosedural menggunakan header file
|
Fungsi
·
Deklarasi
dan definisi fungsi
·
Parameter
fungsi
·
Nilai
balik
·
Fungsi
rekursif
·
Pointer
ke fungsi
·
Modularisasi
kode program
|
Mengamati:
·
Pendeklarasian
fungsi
·
Pendefinisian
fungsi
·
Pemberian
parameter
·
Pemberian
nilai balik
·
Pembuatan
pointer ke fungsi
·
Mekanisme
pembuatan header file dalam modularisasi kode program
Menanya:
·
Mendiskusikan
cara kerja fungsi saat dijalankan
·
Mendiskusikan
parameter dan nilai balik dari fungsi
·
Mendiskusikan
fungsi rekursif
·
Mendiskusikan
penggunaan pointer ke fungsi
·
Mendiskusikan
penggunaan header file
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pembuatan fungsi dalam program
·
Eksperimen
pemberian parameter dan nilai balik dalam fungsi
·
Eksperimen
pembuatan dan pemanggilan fungsi rekursif
·
Eksperimen
penggunaan pointer ke fungsi
·
Eksperimen
penggunaan header file
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang cara kerja fungsi dan
kegunaan header file dalam manajemen kode program.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang cara kerja fungsi dalam
program.
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah yang melibatkan fungsi
dalam program
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
·
Hasil kerja mandiri/kelompok
·
Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson Education,
Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.13.
Menerapkan logika pencarian data
3.14.
Menerapkan logika pengurutan data
4.13. Menyajikan logika pencarian
data pada aplikasi bisnis
4.14. Menyajikan logika
pengurutan data pada aplikasi bisnis
|
Pencarian
dan Pengurutan Data
·
Logika
pencarian data dengan algoritma pencarian linier
·
Logika
pengurutan data dengan algoritma bubble sort
·
Logika
pengurutan data dengan algoritma selection sort
|
Mengamati:
·
Logika
pencarian data dengan algoritma
·
Logika
pengurutan data dengan algoritma
Menanya:
·
Mendiskusikan logika pencarian data
·
Mendiskusikan
logika pengurutand data
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pencarian data dalam array
·
Eksperimen
pengurutan data dalam array
Mengasosiasi:
·
Menganalisa
hasil pengurutan bubble sort dan selection sort
·
Menyimpulkan
pelbagai pengamatan dan percobaan yang telah dilakukan terkait logika
pencarian dan pengurutan.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang teknik pencarian dan
pengurutan data dalam aplikasi
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pencarian dan
pengurutan data dalam aplikasi
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
3.15.
Menerapkan bahasa pemrograman pada aplikasi
bisnis
4.15. Memecahkan kasus
aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural
|
Pengembangan Aplikasi
·
Tahapan
pengembangan aplikasi dengan mtode waterfall
·
Tahapan
pengembangan aplikasi metode prototyping
|
Mengamati:
Pelbagai tahapan dalam pengembangan aplikasi
Menanya:
·
Mendiskusikan pelbagai rencana
dan rancangan pengembangan aplikasi
·
Mendiskusikan pelbagai kesalahan
dan perbaikan yang dilakukan dalam program
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
pengkodean aplikasi sesuai rencana yang dibuat
·
Eksperimen
terhadap berbagai input yang mungkin dalam program
Mengasosiasi:
·
Menyimpulkan
tentang pengembangan aplikasi yang dilakukan dengan metode pengembangan yang
dipilih
·
Menganalisa
hasil pengembangan aplikasi dengan metode waterfall dan prototyping
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pelbagai metode pengembangan aplikasi
|
Tugas:
Menyelesaikan pengembangan program menggunakan
metode waterfall dan prototyping
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara
individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran
·
Buku
Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman, 2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community
Enthusiast)
·
Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th Edition, 2010, Roger S. Pressman, Ph.D.,
New York, USA : McGraw-Hill.
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar