SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Link download world
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Link download world
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas :
X /Semester 1 dan 2
Kompetensi Inti* :
KI
1 :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 :
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 :
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan Pelbagai sumber energi di alam.
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan
dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi
melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1. Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
4.1. Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
|
Algoritma
Pemrograman
- Konsep algoritma
- Struktur algoritma
- algoritma menggunakan bahasa natural
- Pengenalan Variabel
- Pengenalan tipe data
- Pengenalan operator
- Pseudocode
- Flowchart
- Penggunaan Tool flowchart
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
- Karakteristik tipe data
Menanya:
- Rumusan masalah terkait penerapan algoritma sederhana
- Logika penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Mengeksplorasi:
- Membuat algoritma
sederhana untuk menyelesaikan permasalahan
menggunakan bahasa natural, flowchart dan pseudocode
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan konsep algorima (bahasa natural, flowchart dan pseudocode) untuk
menyelesaikan permasalahan
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan algoritma penyelesaian permasalahan
|
Tugas:
-
Membuat
algoritma sederhana (bahasa natural, pseudocode
dan flowchart) untuk menyelesaikan
permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari.
Portopolio:
-
Laporan praktek
membuat
algoritma pemecahan masalah menggunakan bahasa natural, flowchart
dan pseudocode.
Observasi:
-
Checklist hasil
pengamatan Pelbagai contoh algoritma
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang
konsep algoritma, pseudocode, flowchart
|
16 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi,
Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung,
2011
|
3.2. Memahami struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
4.2.
Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
|
Algoritma percabangan
- Percabangan
1 kondisi
- Percabangan
2 kondisi
- Percabangan
lebih dari 2 kondisi
- Percabangan
bersarang
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh penerapan algoritma
percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi dan percabangan
bersarang
Menanya:
- Rumusan masalah terkait
algoritma percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi dan percabangan
bersarang
- Alur penyelesaian masalah dengan algoritma percabangan.
Mengeksplorasi:
- Membuat
algoritma penyelesaian masalah percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi, serta percabangan bersarang
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan algoritma percabangan untuk memecahkan masalah
- Menganalisa algoritma percabangan dengan Pelbagai data
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
algoritma penyelesaian masalah percabangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan
permasalahan menggunakan logika percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi,
serta percabangan bersarang.
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma percabangan
1, 2,
lebih dari 2 kondisi, dan percabangan
bersarang
Observasi:
-
Checklist hasil
pengamatan contoh algoritma
percabangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang
konsep algoritma percabangan 1, 2 lebih dari 2 kondisi, dan percabangan
bersarang
|
12 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi,
Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung,
2011
|
3.3. Memahami struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
4.3. Memecahkan permasalahan dengan algoritma perulangan
|
Algoritma
perulangan
- Perulangan
dengan kondisi diawal
- Perulangan
dengan kondisi diakhir
- Perulangan
dengan kondisi akhir diinputkan user
- Perulangan sebagai pencacah naik
- Perulangan sebagai pencacah turun.
|
Mengamati:
-
Pelbagai ragam contoh
penerapan algoritma perulangan
Menanya:
-
Rumusan masalah dan logika penyelesaian masalah menggunakan algoritma perulangan
Mengeksplorasi:
- Membuat pelbagai algoritma penyelesaian masalah menggunakan logika perulangan
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan algoritma perulangan untuk menyelesaikan masalah
- Menganalisa algoritma perulangan dengan Pelbagai macam
data
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
pelbagai ragam
algoritma penyelesaian masalah menggunakan logika perulangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan
permasalahan menggunakan logika perulangan
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma perulangan
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan Pelbagai ragam contoh penerapan
algoritma perulangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek algoritma perulangan
|
12 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi,
Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung,
2011
|
3.4. Menerapkan bahasa pemrograman
4.4. Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
|
Bahasa
pemrograman
- Pengenalan bahasa pemrograman
- Pengenalan tools/framework
pengembangan program
- Instalasi tools bahasa pemrograman
- Struktur bahasa pemrograman
- Standar output dalam bahasa pemrograman
- Standar Input
dalam bahasa pemrograman
- Kompilasi dan eksekusi program
- Perbaikan kesalahan
|
Mengamati:
- Framework bahasa pemrograman
- Instalasi tools bahasa pemrograman
- Pelbagai contoh kode program dalam bahasa pemrograman
Menanya:
- Struktur penulisan program dalam bahasa pemrograman
- Proses kompilasi dan eksekusi program
Mengeksplorasi:
- Melakukan instalasi bahasa pemrograman
- Membuat kode
program dengan algoritma sederhana
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan struktur penulisan program dan algoritma dasar dalam
pembuatan program komputer sederhana.
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan presentasi program.
|
Tugas:
- Membuat kode
program sederhana sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan sesuai standar input dan output
- Mengkompilasi, mengeksekusi kode dan perbaikan program
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan sesuai standar input dan output.
Observasi:
- checklist hasil pengamatan
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan bahasa
pemrograman dalam program sederhana
|
8 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sams Teach
Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.5. Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.5. Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
|
Tipe
Data, Variabel, Operator dan Ekspresi
-
Tipe data,
variabel dan konstanta
-
Operator dan
ekspresi
|
Mengamati:
- Pelbagai ragam contoh kode program yang melibatkan tipe data, variabel, konstanta,
operator dan ekspresi
Menanya:
-
Ragam tipe data,
variabel, konstanta, operator, ekspresi dan karakteristiknya
Mengeksplorasi:
- Membuat pelbagai kode program menggunakan ragam tipe
data, variabel, kontanta, operator dan ekspresi sesuai algoritma sederhana.
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penggunaan tipe
data, variabel, konstanta,
operator dan ekspresi
dalam program komputer sederhana
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan mempresentasikan hasil program komputer
|
Tugas:
-
Membuat kode program komputer menggunakan pelbagai ragam tipe data, variabel konstanta, operator dan ekspresi.
Portopolio:
- Laporan pembuatan kode program
menggunakan pelbagai
ragam tipe
data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi sesuai dengan algoritma sederhana.
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan pelbagai ragam contoh kode
program
Tes:
Tes tertulis tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta,
operator dan ekspresi.
|
4 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sams Teach
Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.6. Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
4.6. Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
|
Struktur
Kontrol Percabangan
- Percabangan
1 kondisi
- Percabangan
2 kondisi
- Percabangan
lebih dari 2 kondisi
- Percabangan
bersarang
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh kode program dengan struktur
kontrol percabangan.
Menanya:
- Pelbagai strukur penulisan kontrol percabangan 1, 2,
lebih dari 2 konsisi dan bersarang.
Mengeksplorasi:
- Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur percabangan sesuai dengan algoritma yang telah
dirumuskan.
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan algoritma dan struktur kontrol percabangan 1, 2, lebih
dari 2 konsisi dan bersarang dalam program komputer
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan
hasil program
komputer
yang melibatkan struktur percabangan
|
Tugas:
- Membuat kode
program menggunakan struktur kontrol percabangan
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program menggunakan
struktur kontrol percabangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Observasi:
- Checklist hasil pengamatan pelbagai contoh kode program dengan struktur
kontrol percabangan.
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan
struktur percabangan
|
8 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sams Teach
Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.7. Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman.
4.7. Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan.
|
Struktur
Kontrol Perulangan
- Perulangan
dengan kondisi diawal
- Perulangan
dengan kondisi diakhir
- Perulangan dengan kondisi diinputkan user
- Perulangan dengan pernyataan continue
- Perulangan dengan pernyataan break
|
Mengamati:
- Pelbagai ragam contoh kode program dengan struktur
kontrol perulangan
Menanya:
-
Pelbagai
penulisan kode program struktur
kontrol perulangan
Mengeksplorasi:
- Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur
perulangan sesuai dengan algoritma yang telah
dirumuskan
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program.
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan pelbagai ragam struktur kontrol perulangan dalam program
komputer sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
hasil program
komputer
yang melibatkan struktur perulangan
|
Tugas:
- Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur
kontrol perulangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program menggunakan struktur
kontrol perulangan
Observasi:
- checklist hasil pengamatan pelbagai ragam contoh kode program dengan struktur
kontrol perulangan
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan
struktur kontrol perulangan
|
8 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sams Teach
Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson
Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2010,
NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
3.8. Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
4.8. Menganalisa kesalahan dalam program
|
Pengembangan
Algoritma Aplikasi
-
Definisi
-
Analisa Pemecahan Masalah
-
Debugging dan error handling
-
Studi kasus
proyek aplikasi program komputer
|
Mengamati:
- Rancangan algoritma untuk permasalahan yang komplek
- Contoh debugging program komputer
Menanya:
-
Konsep desain
dan analisa algoritma untuk penyelesaian permasalahan komplek
Mengeksplorasi:
- Merumuskan permasalahan komplek sebagai studi kasus
- Merancang aplikasi program komputer
- Membuat kode program komputer (coding)
- Debugging dan error handling
program komputer
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan konsep desain dan analisa algoritma untuk
menyelesaikan permasalahan komplek
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan hasil rancangan, pembuatan kode program analisa dan perbaikan
|
Tugas:
- Merancang program komputer untuk permasalahan yang
komplek
- Membuat kode program komputer
- Debugging dan error handling
program komputer
Portopolio:
- Laporan
praktek
perancangan
pembuatan dan analisa program
komputer
Observasi:
- checklist hasil rancangan algoritma untuk permasalahan yang komplek dan contoh debugging program komputer
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang desain program komputer, debugging dan error handling program komputer
|
8 JP
|
-
Buku teks
pelajaran
-
Buku panduan
guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi,
Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung,
2011
-
Sams Teach
Yourself C++ in 24 Hours, 2011, Pearson Education, Inc, United States of
America
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar